Kamis, 17 Maret 2011

Rangkuman Buku TIK Modul 7

Melakukan transaksi perdagangan
Di internet, Anda  juga dapat  melakukan transaksi jual beli barang. Saat ini di internet  sudah banyak terdapat toko online. hanya menyediakan situs web, dan melalui situs web  ini Anda  dapat  memesan barang-barang tertentu pada mereka. Misalnya, Anda  hendak membeli mobil. Anda  tinggal mengisi formulir yang disediakan, menuliskan spesifikasi mobil yang hendak Anda  beli, lalu tekan tombol buy (beli). Pembayaran dilakukan dengan kartu kredit (melalui internet  juga).

Internet  phone
Internet  phone ini adalah fasilitas telepon melalui internet. Dengan fasilitas ini, Anda  dapat menelepon ke mana saja. Selain itu, wajah orang yang Anda  telepon dapat  tampil di layar komputer.

Berdiskusi
Di internet  juga banyak terdapat forum diskusi dengan berbagai macam tema. Ada diskusi tentang politik, ekonomi, olah raga, dan sebagainya. Anda  dapat  memasang topik tertentu, lalu sampaikan pendapat Anda  di sana. Beberapa saat kemudian, ada orang yang tertarik membaca pendapat Anda , lalu dia akan menulis komentar balasan.

Memasang iklan baris
Di internet  juga banyak fasilitas iklan baris seperti iklan baris di koran. Bedanya, iklan baris di internet adalah iklan bebas. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasang iklan baris di internet seperti pada iklan baris di koran.

Berbagai Aplikasi dari Internet
Aplikasi Internet  yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet  ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang. Contoh dari beberapa aplikasi yang banyak dikenal antara lain:
1.      Word Wide Web  ( WWW )
      World Wide Web  (WWW) adalah aplikasi yang paling menarik di internet  dan seperti e-mail, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Dokumen Web  tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan hypertext markup language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio dan video.                                                             
2.    Electronic Mail (E-mail ) 
        Adalah salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak digunakan di internet. Konsep e-mail adalah seperti Anda  mengirim surat dengan pos biasa, dengan beralamatkan tempat yang Anda  tuju. Dengan e-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan sangat cepat. Anda  juga dapat mengirim file-file seperti program, gambar, grafik dan sebagainya, dan dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus dalam satu waktu.

0 komentar:

Posting Komentar